BlankOn


Kata pengantar
Puji syukur penulis penjatkan kehadirat Allah SWT, yang atas rahmat-Nya maka penulis dapat menyelesaikan penyusunan makalah/laporan yang berjudul “sistem operasi blankOn 8.0”.
Penulisan makalah adalah merupakan salah satu tugas dan persyaratan untuk menyelesaikan tugas mata pelajaran Sistem Operasi Dasar.
Dalam Penulisan makalah ini penulis merasa masih banyak kekurangan-kekurangan baik pada teknis penulisan maupun materi, mengingat akan kemampuan yang dimiliki penulis. Untuk itu kritik dan saran dari semua pihak sangat penulis harapkan demi penyempurnaan pembuatan makalah ini.











Daftar Isi
Halaman Judul..............................................................................i
Kata Pengantar.............................................................................ii
Daftar Isi........................................................................................iii
1.    Pendahuluan.........................................................................IV
1.1           Pengertian .........................................................................
1.2           Sejarah ………………………..………………………..……………………..
1.3           Pendiri/Penemu …………………………………………….…………….
1.4           Kelebihan & Kekurangan………………………………………………
1.5           Kebutuhan Minimal Hardware………………………………………
1.6           Langkah-langkah Instalisasi………………………………………….
1.7           Langkah-langkah pengguna…………………………………………..







Pedahuluan
 Pada tanggal 17 Agustus 2012, BlankOn merilis versi terbaru dari distribusi BlankOn, yaitu Blankon Rote, rilis Rote sendiri merupakan distribusi linux khas Indonesia yang menyertakan beragam perangkat lunak yang sering digunakan oleh masyarakat pada umumnya, seperti program perkantoran, aplikasi keuangan, aplikasi Internet, menggambar (baik vektor maupun bitmap), dukungan untuk memainkan beragam format berkas multimedia, serta aplikasi menarik lainnya, seperti :
-Desktop Manokwari berbasis HTML5, Javascript, dan CSS3. Desktop Manokwari ini menggunakan antarmuka yang menyediakan icon panel yang terletak di bagian bawah, seperti layaknya tampilan desktop Mac OS. Fituricon panel ini tidak tersediapada versi BlankOn sebelumnya, dimanaicon-icon aplikasi itampilkan ke area desktop secara langsung







-Libre Office 3.5 sebagai aplikasi bawaan untuk mengelola akun
-Chromium  Web Browser 21. Jenis browser ini dipilih karena mirip seperti kemampuan Google Chrome, dengan antar muka yang elegan browser yang cepat dan ringan.









-Kernel Linux 3.2
-Aplikasi-aplikasibawaan lain: Pidgin Internet Messenger, Audacious, Brasero Disc Burner,                Cheese Webcam Booth, Movie Player, Sound Recorder, gEdit Text Ed







PengertianBlankOn
BlankOn adalah tutup kepala khas beberapa suku/budaya di Indonesia, antara lain suku Jawa (sebagian besar berasal dari provinsi Jawa Tengah, DIY, dan Jawa Timur), suku Sunda (sebagian besar berasal dari provinsi Jawa Barat dan Banten), suku Madura, suku Bali, dan lain-lain.
BlankOn juga berarti blank (bilangan biner 0) dan on (bilangan biner 1) atau topi digital (modern) dengan tampilan klasik (kuno). Arti lain kata BlankOn adalah perubahan dari blank (kosong) menjadi on (menyala atau berisi).[2] Arti filosofi BlankOn adalah harapan agar pengguna distro BlankOn berubah dari belum sadar (kosong) menjadi sadar (berisi) bahwa ada Linux yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan skill di bidang TI, martabat, dan kemandirian bangsa Indonesia.[2]
BlankOn diharapkan dapat menjadi penggerak (activator) atau meningkatkan motivasi masyarakat Indonesia untuk menggunakan dan mengembangkan Linux dan FOSS lainnya. BlankOn juga sebagai pelindung (tutup kepala) dari ketergantungan terhadap perangkat lunak proprietary.


SejarahBankon
BlankOn pertama kali dikembangkanoleh YPLI padatahun 2004 dengannamakode "Bianglala". Pada saat itu, BlankOn merupakan turunan daridistro Fedora Core 3.Namun, rilis BlankOn pada saat itu berakhir sampai versi 1.1 dan akhirnya matisuri.
Beberapa tahun kemudian, yaitupada tahun 2007, pengembanganBlankOn Linux mulaidibangkitkankembalioleh YPLI.BlankOn Linux yang sebelumnyaditurunkandari Fedora Core kinidigantimenjadi Ubuntu.BlankOn Linux direncanakanakandirilissesuaidengansiklusrilis Ubuntu, yaitusetiap 6 bulansekaliatau 2 kali setahun. SetiaprilisBlankOn Linux akandiberitemadancirikhas yang berbedasesuaidenganbudaya yang ada di Indonesia.
Akhirnya, pada akhir tahun 2007, BlankOn versi 2.0 dirilis dengan nama kode "Konde". Versi ini diturunkan dari Ubuntu versi 7.10. Kemudian, pada pertengahan tahun 2008, BlankOn versi 3.0 dirilis dengan nama kode "Lontara". Versi yang berbasis Ubuntu 8.04 LTS ini menggunakan tema khas Sulawesi Selatan, terlihat dari pengunaan karya seni Kapal Pinisi pada gambar latar belakangnya. Anda juga dapat menulis aksara Lontara' yang merupakan aksara khas suku Bugis.
Pada bulan November 2008, BlankOn  4.0 dirilis dengan nama kode "Meuligoe". Ciri khas yang digunakan pada versi ini adalah Aceh, dengan warna dominan hijau. Pada rilis berikutnya 5.0 menggunakan nama Nanggar dengan khas Batak, pada rilis ini lah Logo BlankOn diganti sehingga lebih modern.Lalu dirilis jg BlankOn Linux 6.0, dengan nama kode "Ombilin". Versi ini tidak murni berbasis Ubuntu 10.04 dan mulai rilis ini BlankOn tidak lagi mengikuti budaya mutlak Ubuntu, sehingga sudah banyak program yang diambil dari pembuatnya langsung. Sejak versi 6.0 ini,
Kemudian Blankon 7.0 dirilis dgn nama pattimura pada tanggal 17 agustus 2011, hingga akhirnya BlankOn merilis BlankOn 8.0 dengan nama rote pada 17 agustus kemarin.







Pendiri/Penemu BlankOn 8.0
BlankOn 8.0 Rote merupakan versi terbaru distribusi BlankOn. Blangkon 8.0 (rote) dirilis oleh komunitas blankOn Banyumas di Pendopo Wakil Bupati Banyumaspada tanggal 17  agustus 2012 ,bertepatan dengan hari kemerdekaan republik indonesia . Kemudian dikembangkan oleh Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI) dan Tim Pengembang BlankOn. BlankOn merupakan distribusi linux khas Indonesia yang menyertakan beragam perangkat lunak yang sering digunakan oleh masyarakat pada umumnya, seperti program perkantoran, aplikasi keuangan, aplikasi Internet, menggambar (baik vektor maupun bitmap), dukungan untuk memainkan beragam format berkas multimedia, serta aplikasi menarik lainnya.
Pengembangan BlankOn bukan semata-mata ingin membuat distribusi Linux baru, namun lebih dimotivasi oleh keinginan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas dalam kemampuan pengembangan perangkat lunak bebas/terbuka. Yang pada hakikatnya merupakan salah ciri khas bangsa Indonesia yang memiliki semangat bergotong-royong.
Tim pengembang BlankOn percaya bahwa bangsa Indonesia mampu dan tidak kalah dengan bangsa-bangsa lain di dunia. Oleh karena itu kami aktif mengundang siapa pun yang berminat dan memiliki semangat yang sama untuk bergabung dalam pengembangan BlankOn.
Secar umum, fitur-fitur dari BlankOnversi 8.0 adalahsebagaiberikut :

-HTML5 - Menyertakan gim berbasis HTML5.
 - BlankOn Desktop - Gabungan dari BlankOn Panel yang terus dikembangkan dan Gnome 3.
- Menggunakan kernel Linux versi 3.0.xx yang sangat stabil dengan dukungan perangkat keras yang sangat banyak,
- Perangkat lunak untuk keperluan Anda berkomputer, seperti keperluan perkantoran, grafis, internet, multimedia, dsb.
- Antarmuka menggunakan Bahasa Indonesia, sehingga bisa lebih dimengerti oleh orang awam,
- Sudah menyertakan dukungan format multimedia yang lengkap, seperti untuk memutar mp3, DVD, dan format lainnya,
- Dukungan aksara daerah di Indonesia yang semakin banyak
 - Menggunakan tema dan tampilan grafis khas Indonesia.
    -Desktop berkonteks, di mana layar komputer akan berubah sejalan dengan perubahan konteks di luar komputer. Saat ini hanya konteks waktu dan konteks cuaca yang dapat merubah tampilan komputer. Artinya tampilan di pagi hari akan berbeda dengan di malam hari, juga demikian misalnya bila di luar sedang terang benderang atau sedang hujan disertai petir maka BlankOn akan menyesuaikan. Fitur ini hanya terdapat di BlankOn dan tidak tersedia di distro lainnya.

    -GNOME versi 3.xx sebagai lingkungan desktop atau desktop environment yang sangat sederhana, kaya fitur, serta dukungan BlankOn Panel yang mudah digunakan,

   - LibreOffice? 3.4.xx untuk keperluan perkantoran yang sangat mirip dan kompatibel dengan Microsoft Office,

   -Peramban web chromium-browser untuk mengakses situs Internet,

  -Aplikasi surat elektronik Evolution,

    -Dan Lebih Banyak Lagi Kami menyertakan ratusan ribu aplikasi yang tersimpan dalam lumbung aplikasi.

Kelebihan & kekurangan BlankOn 8.0
*KELEBIHAN BLANKON 8 ROTE
-Ringan
Distro Linux yang dikembangkan oleh YPLI (Yayasan Penggerak Linux Indonesia) ini sangat ringan.
Tentu saja kita dapat menjalankan Blankon 8 Rote pada komputer dengan spesifikasi di bawah itu, asalkan ruang hard disk minimal 6 GB.
-Gratis
Tidak seperti sistem operasi Windows yang berbayar, Blankon 8 Rote ini 99% gratis! Lho kok cuma 99%? Ya iya lah kita masih tetap harus mengeluarkan biaya untuk listrik, koneksi internet saat download, serta mungkin biaya burning CD.
Seandainya saja perangkat pemerintahan di Republik kita tercinta ini menggunakan Blankon 8 Rote, maka bisa melangsingkan anggaran di bidang IT milyaran bahkan triliunan rupiah.
-Aplikasi lumayan lengkap
Blankon 8 Rote memenuhi kebutuhan dasar seperti memutar file-file musik dan video, pengetikan dokumen, koneksi Internet, sampai kebutuhan desain grafis (manipulasi foto dan 3D). Semuanya hanya dalam satu instalasi tanpa perlu menginstall aplikasi tambahan lainnya (kecuali jika memang diperlukan).
Beberapaaplikasi yang disertakan, antara lain:
Multimedia : Audacious (penggantiWinamp), Brasero Disc Burner (pengganti Nero Burning ROM), Movie Player (pengganti Windows Media Player)
Dokumen :LibreOffice Writer (penggantiMs Word), LibreOfficeCalc (penggantiMs Excel), LibreOffice Impress (pengganti PowerPoint), LibreOffice Base (penggantiMs Access)
Grafis :Inkscape (penggantiCorelDRAW), GIMP (pengganti Adobe Photoshop), Blender (pengganti 3Ds Max), Image Viewer
Internet : Chromium web browser, Pidgin Internet Messenger (alternatif Yahoo Messenger)


-MendukungpenulisanaksaraJawa, Bali, Sunda, Bugis, Batak, danRenda
Kinikitatidaklagisulitmenulisaksaradaerahkitamasing-masingkarenaBlankon 8 Rote menyediakanfasilitastersebutmelaluiaplikasi SCIM (Preferences > SCIM Input Method).
Untukmengaktifkan, tekan Ctrl + Spasidanlihat di pojokkananbawahlayar.
Menulisaksaranusantara di Blankon 8 Rote

-Tersedia tutorial untukpemula Linux
Klik "Start Menu" lalupilih Accessories >BlankOn Tutorial.Ada 136 halamanpanduanmenggunakanBlankOn 8 Rote untukpemula di bidang Linux, mulaidariinstallasi, barisperintahdasar, pengolah kata, dan lain-lain.
*KUTU BLANKON 8 ROTE
Tiadagading yang takretak.Tapikeretakanitulah yang menunjukkanbahwaitubenar-benargading.Di balikbanyakkeunggulan yang telahsayapaparkan, ternyatamasihbanyak yang perludibenahidariBlankon 8 Rote ini.Meskidemikian, beberapakekuranganberikuttidakmempengaruhikinerjakitasecaraspesifik.
-man page tidakberfungsi
Setiapaplikasi di lingkungan UNIX (danjuga Linux) biasanyamemiliki manual page (ataubisadiibaratkan Help di Windows).Sayangnyaketikasayamembuka terminal danmengetikkan "man bash" malahtidakbisamengeluarkaninformasiapapun!
-Manokwaritidakbisadikostumisasi
Secara default, "Start Menu" berada di pojokkiriatas.Bagi orang yang sudahterbiasadengansistemoperasi Windows, tentuinisangatanehkarenamerekaharusmenyesuaikan.Beritaburuknyalagi (CMIIW) penggunatidakdiberikesempatanuntukmelakukankostumisasiterhadaptampilan panel.
Bahkanmenggunakantombol Super (tombol yang ada logo Jendela Windows) untukmengaktifkan start menu pun tidakbisa.Dan penggunakantombolpanah di keyboard jugatidakberfungsimaksimalsaatmemilih menu.
Solusinya, kitabisamenginstallpaket "synapse" untukmempermudahkitamembukasuatuaplikasiataudokumen.






Kebutuhan Minimal Hardware os BlankOn
  1. Prosesor setara pentium IV atau celeron dengan kecepatan minimal 500 Mhz
  1. Memori RAM 256 MB
  1. kartu video atau VGA minimal memiliki memori 64 MB untuk efek desktop.
  1. harddisk dengan ukuran 6 GB

Langkah-langkah instalisasi os BlankOn 8.0
pastikan tersedia ruang bebas yang memungkinkan untuk pembuatan tiga partisi baru. Bagi pengguna distro linux lain yang ingin menambahkan Rote bersamanya cukup menyediakan sebuah ruang bebas untuk partisi root BlankOn 8 dengan asumsi partisi swap dan home (format ext4) akan menggunakan partisi yang telah ada.

Jalankan CD/DVD installer BlankOn 8 sebagai live CD/DVD...
http://2.bp.blogspot.com/-ihi53H4LJ58/UDKPyVYoE5I/AAAAAAAAF4o/FXS-EATAa-g/s400/1.jpg

Setelah berada pada desktop, jalankan Disk Utility dibawah System Tools dari menu Manokwari untuk menyiapkan partisi baru...
http://1.bp.blogspot.com/-6P9knDeliBs/UDKPzEkAa3I/AAAAAAAAF40/tswk_nuzLNU/s400/2.jpg

Pilih hardisk yang ingin digunakan, dalam contoh ini kami menggunakan hardisk baru yang di dalamnya akan dibagi menjadi tiga partisi yang akan digunakan sebagai partisi root, swap dan home. Jika Anda tidak memiliki ruang bebas, pilih partisi yang akan digunakan lalu pilih "Delete Partition" untuk mendapatkan ruang bebas. Peringatan: langkah ini akan menghapus isi partisi yang dipilih sehingga pastikanlah partisi tersebut tidak berisi data-data penting atau OS lain yang masih Anda gunakan.

Bagi yang ingin menggunakan Rote bersama distro atau OS lain, pilih ruang bebas yang tersedia lalu pilih "Create Partition" untuk menyiapkan partisi root. Pada kolom "Size" tentukan besarnya partisi yang hendak dibuat, pada kolom "Type" pilih "Ext4". Langkah ini tidak perlu dilakukan bagi pengguna distro Linux lain yang akan menggantinya dengan BlankOn 8...
http://2.bp.blogspot.com/-bcgmuQD3_qc/UDKPzci87BI/AAAAAAAAF5A/kTMWtOYnGoI/s400/3.jpg

Pilih ruang bebas yang masih ada, lalu pilih "Create Partition" untuk membuat partisi swap. Pada kolom "Size" tentukan besarnya swap yang akan dibuat, pada kolom "Type" pilih "Swap Space". Langkah ini tidak perlu dilakukan untuk penggunaan Rote bersama atau menggantikan distro Linux lain yang sebelumnya telah memiliki partisi swap...
http://2.bp.blogspot.com/-4eTO1wnRhu8/UDKP0CR5Z3I/AAAAAAAAF5M/0938Tr_X_ug/s400/4.jpg

Pilih ruang bebas yang masih ada, lalu pilih "Create Partition" untuk membuat partisi yang nantinya akan digunakan sebagai partisi home. Pada kolom "Size" tentukan besarnya partisi atau gunakan seberapapun sisa ruang bebas yang masih ada, pada kolom "Type" pilih "Ext4". Langkah ini tidak perlu dilakukan untuk penggunaan Rote bersama atau menggantikan distro Linux lain yang sebelumnya telah memiliki partisi home (format Ext4) terpisah...

Susunan partisi pada hardisk yang kami gunakan akan nampak seprti gambar berikut ini...
http://3.bp.blogspot.com/-a-qm-0pXoWI/UDKP0uSEwkI/AAAAAAAAF5Y/sB1GLfgHHKc/s400/5.jpg

Perhatikan gambar di atas, pada hardisk sekarang telah memiliki tiga partisi baru masing-masing /dev/sda1 (ext4), /dev/sda2 (swap) dan /dev/sda3 (ext4). Pada contoh ini, BlankOn 8 akan diinstall pada partisi pertama (/dev/sda1) sehingga Anda perlu menyesuaian dengan kondisi hardisk yang digunakan.

Setelah partisi siap, tutup jendela Disk Utility lalu restart komputer untuk menjalankan kembali installer BlankOn 8. Pada layar "Welcome to BalnkOn" pilih opsi "Install BlankOn"...
http://3.bp.blogspot.com/-Yd-pDwVpLj8/UDKQKVdJ7kI/AAAAAAAAF5k/JuQpm3qs43A/s400/6.jpg

Pada layar "Installation Target" pilih partisi yang akan digunakan sebagai partisi root tempat instalasi Rote. Dalam contoh ini kami memilih /dev/sda1, silahkan sesuaikan dengan partisi yang telah Anda siapkan dan jangan sampai salah memilih...
http://3.bp.blogspot.com/-fuafz3INsJY/UDKQK_X_6SI/AAAAAAAAF5w/QZYmMqFcnK0/s400/7.jpg

Pada layar berikutnya, isi data-data yang diperlukan. jika Anda menginstall Rote bersama distro Linux lain dan akan menggunakan satu partisi home, jangan menggunakan user name yang sama dengan yang telah digunakan pada distro tersebut...
http://4.bp.blogspot.com/-KPRdxDNSk_M/UDKQLayeOsI/AAAAAAAAF58/QhDz4sQ8f_4/s400/8.jpg

Langkah berikutnya Anda cukup memilih "Next" untuk melanjutkan instalasi hingga proses diselesaikan. Selesai instalasi, pilih "Reboot to newly installed system"...
http://3.bp.blogspot.com/-EhxepVvddzc/UDKQLo8clEI/AAAAAAAAF6I/YZcTHW79rOo/s400/9.jpg

BlankOn 8 sukses Anda install






Langkah-langkah pengguna
Persiapan Pengguna Menjelang Pemasangan
Sebelum melakukan pemasangan BlankOn, lakukan beberapa persiapan seperti berikut:
  1. Persiapkan CD BlankOn sebagai bekal proses pemasangan, baca kembali sub bab sebelumnya untuk mengetahui cara mendapatkan CD BlankOn, pastikan CD dalam keadaan baik agar proses pemasangan lancar.
  1. Backup atau buat cadangan dari data penting anda ke media penyimpanan cadangan (seperti Flashdisk, Harddisk, CD/DVD) agar data anda aman dan terhindar dari resiko kehilangan data.
  1. Tentukan skema partisi harddisk yang anda inginkan. Partisi merupakan bagian ruang-ruang data yang terdapat pada harddisk. Jika anda ingin melakukan dual-boot (terdapat dua sistem operasi dalam satu komputer), anda harus membuat partisi baru pada harddisk komputer yang nantinya akan digunakan sebagai tempat pemasangan BlankOn. Pembahasan lebih lanjut akan dijelaskan pada sub bab pemasangan.
  1. Pastikan untuk menjaga kestabilan tegangan listrik. Hal ini untuk menghindari listrik yang tiba-tiba padam pada saat pemasangan dan menyebabkan terjadinya kerusakan fisik pada komputer (terutama harddisk).
  1. Lakukan penyetelan BIOS agar komputer membaca CD terlebih dahulu untuk proses booting. Silahkan merujuk ke manual komputer atau motherboard anda mengenai cara melakukan penyetelan ini.
http://dev.blankonlinux.or.id/raw-attachment/wiki/Dokumentasi/Panduan/8/Bab2/Bios.png
Persiapan Partisi
Sebelum mulai pemasangan, terlebih dahulu persiapkan partisi kosong untuk yang akan digunakan sebagai tempat pemasangan BlankOn, misal di Windows, anda mempunyai drive C, dan D. salin data yang ada di drive D ke media lain (flashdisk, external harddisk, atau harddisk lain). Drive D akan kita gunakan sebagai tempat instalasi BlankOn. Jika anda mempunyai drive C, D, dan E, anda bisa memindahkan data di drive E ke drive D, lalu drive E yang akan kita gunakan untuk instalasi BlankOn. Jika semua bagian harddisk sudah terpartisi, anda bisa memotong partisi harddisk terakhir dengan langkah berikut ini:
*Peringatan! Jika partisi tersebut merupakan partisi windows, lakukan terlebih dahulu defragmenting melalui tools “Disk Defragmenter” yang terdapat di sistem operasi Microsoft Windows. Hal ini untuk menghindari partisi yang rusak pada saat melakukan pemotongan partisi.
  1. Buka aplikasi editor partisi melalui Menu utama BlankOn > Sistem > Administrasi > Gparted (Editor Partisi).
  1. Pada baris partisi yang ditampilkan, klik kanan pada partisi terakhir (yang paling kanan), lalu pilih menu [>Ubah Ukuran/Pindahkan??<].
  1. Tentukan ukuran baru dari partisi yang anda potong pada opsi [>Ukuran Baru (MiB)<]. Kemudian klik tombol [>Ubah Ukuran/Pindahkan??<].
  1. Terakhir, klik tombol [>Terapkan<] pada toolbar untuk menerapkan perubahan yang dilakukan.
Sekarang anda telah memiliki partisi kosong yang bisa anda manfaatkan untuk pemasangan BlankOn.
Catatan Mengenai Partisi
Partisi Primary /Primer
Jenis partisi ini merupakan jenis partisi utama diharddisk untuk system operasi pada umumnya. Partisi primer hanya bisa dibuat maksimal 4 partisi, hal ini sangat berbeda dengan sistem DOS yang hanya mengijinkan satu jenis partisi primer untuk sistem. Jika kita memakai sistem operasi Linux jenis partisi ini akan terbaca sebagai partisi 1, 2, 3 dan 4. Misalnya terbaca sebagai sda1, sda2, sda3 dan sda4, sedangkan jika kita menggunakan Sistem Operasi Windows akan terbaca sebagai partisi C,D,E dan F.
Partisi Extended /Perluasan Merupakan partisi perluasan untuk mengatasi kekurangan partisi primer dimana hanya dimungkinkan adanya 4 partisi. Jika ingin memiliki partisi lebih dari 4 maka partisi extended /perluasan dibutuhkan yaitu dengan cara mengorbankan satu jenis partisi primer kemudian digunakan sebagai partisi extended /perluasan.Didalam partisi perluasaan ini nantinya dibuat partisi logical untuk mendapatkan partisi yang lebih banyak. Partisi extended tidak dapat digunakan menyimpan data. Partisi jenis ini selalu menempati nomor partisi +1 dari partisi primer. Misalnya ada 2 jenis partisi primer di harddisk sda1 dan sda2, maka posisi partisi extended adalah sda3.
Partisi Logical Jenis partisi logical selalu dibuat didalam partisi extended /perluasan. Jika kita lihat sepintas maka nomor partisi akan akan lompat 1 nomor. Misalnya kita membuat 5 jenis partisi logical di sda3 maka masing-masing akan terbaca sebagai sda4, sda5 dan sda7, sda8 dan seterusnya.
Memasang BlankOn melalui Live CD
Untuk pemasangan melalui Live CD, anda harus mempersiapkan Live CD dari BlankOn 8.0 Rote. Masukkan CD tersebut ke dalam CD/DVD-ROM drive pada komputer anda. Restart komputer anda, dan anda akan melihat menu awal dari Live CD BlankOn 8.0 Rote, tekan tombol Enter untuk masuk ke modus Live CD, maka sistem operasi BlankOn 8.0 Rote akan mulai dijalankan melalui CD. Tunggu sebentar sampai desktop BlankOn 8.0 Rote muncul.
Menu awal saat booting
Desktop BlankOn
Setelah proses booting selesai, maka anda akan melihat desktop BlankOn 8.0 Rote. Anda bisa mencobanya terlebih dahulu sebelum memasangnya ke harddisk. Untuk melakukan pemasangan BlankOn, klik ganda ikon logo Blankon pada pojok kiri atas desktop. Atau klik menu utama BlankOn > System Tools > Install Blankon. Dan kemudian sebuah wahana pandu akan membantu Anda dalam pemasangan BlankOn.
Menu untuk install dari live BlankOn
Wahana pandu dalam Blankon 8.0 Rote memiliki 6 bagian yang akan membantu Anda dalam proses instalasi yang sangat sederhana serta cepat. Dalam wahana pandu yang pertama yaitu ucapan selamat datang di instalasi Blankon dengan disertai isian Bahasa, Wilayah serta jenis papan ketik. Setelah anda mengisikan nilai isian lalu klik tombol "Install BlankOn".
Selamat datang di instalasi Blankon 8 Rote
Selanjutnya wahana pandu kedua akan memerlukan interaksi Anda untuk memilih target instalasi. Pilihlah partisi yang masih kosong atau yang tidak digunakan oleh sistem operasi lain dalam komputer anda jika sebelumnya sudah terdapat partisi data atau sistem operasi lain. Jika isian sudah selesai maka klik "Next" untuk melanjutkan ke wahana panduan berikutnya.
Lokasi target instalasi
Dalam wahana pandu ketiga anda diminta untuk memasukkan informasi pribadi tentang nama komputer, nama pengguna serta password pengguna. Jika isian sudah selesai maka klik "Next" untuk melanjutkan ke wahana panduan berikutnya.
Informasi pribadi pengguna blankon
Setelah semua informasi yang dibutuhkan untuk instalasi sudah lengkap maka tiba saatnya pengguna untuk memeriksa ringkasan rencana instalasi. Dalam ringkasan tersebut terdapat informasi sebagai berikut:
  1. Harddisk dan partisi target instalasi
  2. Nama komputer
  3. Nama pengguna
Ringkasan data instalasi
Jika dirasa sudah benar maka klik "Next" untuk melanjutkan ke wahana panduan berikutnya.
Kemudian akan muncul tampilan proses instalasi yang sedang berlangsung.
Proses instalasi
Jika instalasi sudah selesai selanjutnya anda dapat melakukan boot ulang (klik Reboot) atau melanjutkan penggunaan live CD.



1 Response to "BlankOn"

steve haneda mengatakan...

maaf bro sekedar mengoreksi anda bro :)
deskripsi BlankON itu bukan tutup kepala. memang hampir mirip dengan tutup kepala orang jawa yang bernama "belangkon"

tapi kata BlankON sendiri berasal dan berarti dari kosong "blank" kemudian menjadi mengerti "ON" dan membudidayakan
(diambil dari penjelasan tim blankOn atau silakan baca di buku panduan blankON 8.0 ROTE)

Leave a Reply

 
powered by Blogger | For Blogservices