about DOS os


Pengertian os DOS

MS-DOS, singkatan dari Microsoft Disk Operating System, adalah sebuah sistem operasi yang sangat banyak digunakan oleh komputer IBM-PC atau yang kompatibel dengannya. Microsoft membuat MS-DOS sebagai sebuah sistem operasi mainstream, sebelum pada akhirnya menghentikan dukungan MS-DOS secara perlahan ketika mereka membuat sebuah sistem operasi berbasis antarmuka grafis (dikenal juga dengan sebutan GUI) untuk pasar mainstream, yang disebut sebagai Microsoft Windows.

Sejarah DOS


MS-DOS dirilis pertama kali pada tahun 1981, dan seiring dengan waktu, Microsoft pun meluncurkan versi yang lebih baru dari MS-DOS. Tidak kurang hingga delapan kali Microsoft meluncurkan versi-versi baru MS-DOS dari tahun 1981 hingga Microsoft menghentikan dukungan MS-DOS pada tahun 2000. MS-DOS merupakan salah satu kunci keberhasilan Microsoft dalam memproduksi perangkat lunak, dari sebuah perusahaan kecil pembuat bahasa pemrograman saat didirikan hingga menjadi sebuah perusahaan perangkat lunak yang seolah menguasai dunia.
perusahaan pembuat komputer bernama Seattle Computer Products (SCP) yang dikepalai oleh Tim Patterson--yang belakangan direkrut oleh Microsoft untuk mengembangkan DOS--pada tahun 1980 sebagai sebuah perangkat lunak sistem operasi dengan nama Q-DOS (singkatan dari Quick and Dirty Operating System), yang selanjutnya diubah namanya menjadi 86-DOS, karena Q-DOS didesain agar dapat berjalan pada komputer dengan prosesor Intel 8086. Microsoft pun membeli lisensinya dengn harga 50.000 dolar Amerika dari SCP, lalu mengubah namanya menjadi MS-DOS. Selanjutnya, saat IBM hendak meluncurkan komputer pribadi yang disebut dengan IBM PC, Microsoft pun menjual lisensi MS-DOS kepada IBM.

Pendiri

 DOS os Sebenarnya dibuat oleh sebuah Perusahaan pembuat komputer, yang bernama Seattle Computer Products (SCP) yang dikepalai oleh Tim Patterson--yang belakangan direkrut oleh Microsoft untuk mengembangkan DOS--pada tahun 1980 sebagai sebuah perangkat lunak Sistem operasi dengan nama Q-DOS (singkatan dari Quick and Dirty Operating System), yang selanjutnya diubah namanya menjadi 86-DOS, karena Q-DOS didesain agar dapat berjalan pada komputer dengan prosesor Intel 8086. Microsoft pun membeli lisensinya dengn Harga 50.000 dolar Amerika dari SCP, lalu mengubah namanya menjadi MS-DOS. Selanjutnya, saat IBM hendak meluncurkan komputer pribadi yang disebut dengan IBM PC, Microsoft pun menjual lisensi MS-DOS kepada IBM.

Kelebihan & Kekurangan

Kekurangan Ms DOS :

    DOS lebih ribet, karena pakai Command Line Interface
    Windows yang sekarang (NT Tech) tidak begitu kompatibel dengan program DOS, sebagai buktinya, kalau kalian menggunakan program DOS tanpa lewat CMD, akan langsung ditutup oleh Windowsnya



Keunggulan program DOS :

    DOS menampilkan program yang lebih "realistis" dibandingkan windows karena beberapa command dari windows itu sendiri mengadaptasi dari DOS (misalkan command virus untuk menyembunyikan attribut)

Kebutuhan minimal hardware

-100% kompatibel IBM Computer - 286 prosesor atau lebih tinggi (486 atau lebih -tinggi direkomendasikan)                                                           
-1,44 MB disk drive                            
-RAM - Minimum RAM 640K untuk Versi-4 Memory Standard MB atau lebih RAM -yang dibutuhkan untuk Versi Extended Memory.
--Minimal 10 MB ruang hard disk
--Printer (24 pin dot matrix, inkjet atau printer laser - laser direkomendasikan) 9-pin dot matrix printer biasanya tidak memberikan hasil yang memuaskan

Langkah-langkah instalisasi

-
-Masukkan disket MS-DOS instalasi pertama ke dalam komputer dan reboot atau menyalakannya. Jika Anda tidak memiliki MS-DOS disket Anda tidak akan dapat menginstal MS-DOS.
-Jika layar setup MS-DOS muncul saat komputer mulai tekan tombol F3 dua kali atau lebih untuk keluar dari setup.
-Setelah di A: \> MS-DOS prompt fdisk jenis dan tekan enter.
-Pada layar fdisk menghapus partisi yang ada saat ini pada komputer dan kemudian menciptakan partisi. Informasi tambahan tentang fdisk, termasuk simulasi fdisk dapat ditemukan pada kami halaman perintah fdisk .
-Setelah partisi baru telah dibuat keluar dari fdisk dan kembali ke A: \> prompt
-Pada prompt ketik Format dan tekan enter.
-    Setelah hard drive telah diformat reboot komputer dengan disket masih dalam drive dan sekali kembali di layar setup dijalankan melalui setup MS-DOS pada komputer.

Langkah-langkah pengguna

komputer Memasukkan disket yang berisikan system DOS pada drive A, setelah itu tutup kunci drive.
- Memasang disket data pada drive B dan menutup kunci drive.
-Menghidupkan CPU (Central Processing Unit).
- Menghidupkan monitor atau screen.
- Menunggu informasi dari komputer, jika proses booting berhasil maka akan muncul proses pengisian tanggal pemakaian
.
- Mengisi waktu:
- Setelah pengisian tanggal dan waktu selesai maka dilayar akan muncul informasi The IBM Personal Computer DOS Version 3.10 Copyright International Business Corp. 1981, 1985 Copyright Microsoft Corp. 1981,1985
Versi DOS diatas mungkin tampak berbeda antara satu komputer dengan yang lain tergantung kapan Anda membeli atau melakukan upgrade. Jangan bingung dengan perbedaan tersebut, karena pada dasarnya setiap versi terdapat buku petunjuk yang bisa Anda pelajari secara detail.

Master

DOS.MASTER (juga: DOS Guru) adalah sebuah program untuk Apple II komputer yang memungkinkan Apple DOS 3.3 program untuk ditempatkan pada hard drive atau 3 ½ " floppy disk dan lari dari ProDOS itu ditulis oleh. Glen Bredon (1932 - 2000) sebagai program komersial pada akhir 1980-an di mana ia mengalami kesuksesan luas, itu dirilis ke dalam domain publik oleh keluarganya setelah kematian penulis.
DOS.MASTER was created as a result of Apple Computer's abandonment of the DOS 3.3 operating system and its subsequent replacement by ProDOS. DOS.MASTER diciptakan sebagai hasil dari Apple Computer ditinggalkannya 3,3 DOS sistem operasi dan penggantian selanjutnya oleh ProDOS. Apple provided a program to copy files from DOS 3.3 volumes to new ProDOS volumes; however, programs written for DOS 3.3 did not run on ProDOS volumes. Disediakan Apple program untuk menyalin file dari DOS 3,3 volume untuk volume ProDOS baru, namun, program yang ditulis untuk DOS 3.3 tidak berjalan pada volume ProDOS. DOS.MASTER enabled a widely installed base of previously ProDOS incompatible programs written for DOS 3.3 to be run under ProDOS. DOS.MASTER diaktifkan basis luas diinstal program yang tidak kompatibel sebelumnya ProDOS ditulis untuk DOS 3.3 yang akan dijalankan di bawah ProDOS. DOS.MASTER took a large ProDOS partition, formatted it as a file, and then created a series of DOS 3.3 volumes within that file. DOS.MASTER mengambil partisi ProDOS besar, diformat sebagai file, dan kemudian menciptakan serangkaian DOS 3.3 volume dalam file itu. The program allowed the user to create one of four DOS 3.3 volume sizes: 140 KB (the standard capacity of an Apple II 5¼" floppy disk), 160 KB, 200 KB, or 400 KB (the maximum that DOS 3.3 could address). Up to 255 of these volumes could be created on the larger ProDOS partition, space allowing, essentially simulating a very large stack of virtual floppy disk drives . Program ini memungkinkan pengguna untuk membuat salah satu dari empat 3.3 ukuran volume DOS: 140 KB (kapasitas standar dari Apple II 5 ¼ "floppy disk), 160 KB, 200 KB, atau 400 KB (maksimum yang DOS 3.3 bisa mengatasi). Hingga 255 dari volume ini bisa dibuat pada partisi ProDOS lebih besar, ruang yang memungkinkan, pada dasarnya mensimulasikan tumpukan sangat besar virtual drive floppy disk .



No Response to "about DOS os"

Leave a Reply

 
powered by Blogger | For Blogservices